Musyawarah Rasulan 2019

Administrator 14 Januari 2019 09:48:48 WIB

Beji Patuk,- Sebagai cara untuk melestarikan adat dan tradisi di Desa Beji, salah satunya adalah dengan pelaksanaan bersih desa atau yang lebih dikenal dengan istilah "rasulan". Sudah menjadi tradisi ataupun kebiasaan masyarakat disemua Padukuhan bahwa ditiap tahunnya pasti diagendakan pelaksanaan "rasulan" tersebut. Tak terkecuali di tahun 2019 , pada hari Sabtu  12 Januari 2019 (malem minggu) Panitia Pelestarian Adat dan Budaya telah melaksanakan rembugan /musyawarah untuk tahun rencana kegiatan sekaligus diadakan evaluasi pelaksanaan tahun sebelumnya. Dalam musyawarah tersebut juga di laporkan  bahwa sisa anggaran pelaksanaan "rasulan" di tahun 2018 sekitar 12.418.000 rupiah. Musyawarah yang diikuti oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, Lembaga Desa dan Tokoh Masyarakat tersebut menghasilkan beberapa keputusan sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan "rasulan" pada hari Senin Legi tanggal 15 Juli 2019.
  2. Kegiatan kebersihan jalan lingkungan dan pemakaman umum dikoordinir oleh Dukuh.
  3. Sebelum kegiatan "rasulan" diadakan pengajian akbar se -Desa yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2019 (Sabtu malam Minggu).
  4. Pentas Seni Jathilan dari Padukuhan Gedali pada hari Sabtu tanggal 13 Juli 2019 di lapangan voli Desa Beji/ halaman Koperasi Lestari.
  5. Pelaksanaan Kirab Budaya pada hari Minggu 14 Juli 2019 yang diikuti oleh seluruh Masyarakat Desa Beji, dengan rute Balai Desa Beji - Kerjan - Jl. Jogja Wonosari - Putat (Trisakti) - Balai Desa Beji. Masing - masing Padukuhan wajib untuk mengikuti kirab dangan menampilkan properti berupa Gunungan, hasil bumi, kesenian tradisional, potensi wilayah, ogoh - ogoh.
  6. Pagelaran wayang kulit sekaligus puncak acara "rasulan" dilaksanakan pada Senin malam Selasa, 15 Juli 2019 pukul 21.00 WIB dengan rencana Dalang Ki Harno.

Guna penunjang kegiatan "rasulan" tersebut tiap - tiap Kepala Rumah tangga dibebani iuran sebesar Rp. 35.000,- dan disetorkan ke bendahara Panitia melalui Dukuh masing -masing paling lambat tanggal 15 mei 2019.

 

 

 

 

 

A

Komentar atas Musyawarah Rasulan 2019

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Peta Desa

 

 

Lokasi Beji

tampilkan dalam peta lebih besar